07 November, 2012

contoh cerpen


MINGGU,04 NOVEMBER2012
Curahan hati  SEORANG GADIS
“Aku tak tahu apa yang harus aku lakukan saat ini . Apa aku harus hidup ,ataukah aku harus pergi meninggalkan dunia ini yang indah kata orang,tetapi bagiku dunia ini sangat buruk sekali.Apa gunanya aku hidup didunia ini jika ayahku sendiri tidak sayang kepadaku lagi ,seandainya ibuku masih hidup dan masih bersamaku saat ini tentu aku ada alasan untuk tetap hidup di dunia ini meskipun banyak rintangan dan cobaan yang menghadangku .andai waktu bias diputar kembali aku ingin bertemu dengan ibuku ,aku kangen banget sama ibu”.kataku dalam hati sambil mengusap air mata.Aku terlahir dalam keluarga yang bias dibilang cukup kaya, tapi apa gunaya kekayaan jika didalam rumah tidak harmonis.TEMAN-TEMANKU BIASA MEMANGILKU LARAS .aku adalah anak satu –satunya ayah ku dan ibuku ,tetapi sekarang ibuku sudah meninggal dan ayah ku sekarang sudah menikah lagi dengan perempuan lain yang sangat aku benci ,kenapa??aku benci ibu tiriku ????kata-kata yang selalu aku pikirkan setiap kali aku melihat muka ibu tiriku rasanya aku tidak tahan lagi melihat muka ibu tiriku yang sangat menyebalkan itu,mungkin aku membencinya karena aku tidak rela ayahku menikah lagi karena aku hanya punya satu ibu yaitu ibu kandungku sendiri dan tidak ada yang biasa menggantikan ibuku  disisi ayah ku.apalagi ibu tiriku itu.sejak ayahku menikah lagi dengan ibu tiriku itu bagiku ayahku tidak lagi memperdulikan aku lagi ,ayah tidak pernah lagi menanyakan apa ada pr, bagaimana sekolahmu apa menyenangkan?atau apalah yang membuatku senang,,sekarang tidak ada kata-kata itu yang terucap dari mult ayahku.kini ayahku lebih saying dengan ibu tiriku .kalau begini apa gunanya aku hidup didunia ini lagi bila tidak ada lagi orang yang sayang sama aku lagi.Tapi aku sadar aku harus tetap hidup aku tidak boleh menyia-nyiakan hidupku ini karena masih ada orang yang selau menyayangiku dan mensuportku yaitu seorang sahabatku namanya adalah nita,diasangat baik bangaet denganku setiap aku ada masalah pasti aku curhat kepadanya begitupu dia  kalau dia ada masalah pasti dia curhat padaku.jika kita ada sorang laki –laki yang kita suka pasti kita selau cerita,kita saling terbuka satu sama lain ,bagiku orang yang paling baik,adalah dia.saat ini aku dan nita akan berencana pergi ke alun-alun yang ada di tengah-tengah kota kita karena kita mau jalan-jalan disana.aku pun bergegas mandi dan berpakaian rapi agar nita tidak menungguku lama disana.sesaat kemudian akupun sampai disana,tapi aku tidak melihat nita.tiba-tiba dari belakang ada yang maneepuk pundakku.akupun sangat kaget.ternyata nita yang menepuk pundakku”eh,ternyata kamu ,nit.aku piker siapa,sampai kaget aku.”dengat rautmuka yang masih kelihatan kaget.”iya maaf ya, aku terlambat kamu sudah nunggu lama ta?”kata nita.”iya tidak papa kok, lagian aku juga baru nyampek juga malah aku piker aku yang telat.”denganraut muka yang gembira nita pu berkata”ayo ras ,kita sekarang mau kemana???”.”ayo kita pergi kesana saja didekat air mancur itu ,aku juga mau curhat nih sama kamu.””oke.baiklah ayo kita kesana”kat nita
baca selengkapnya..

“aku harus mulai dari mana ya ceritanya???”kataku bingung.”terserah kamu ,mau cerita mulai dari mana.aku akn mendengarnya ,aku kan pendengar setiamu.”kata nita dengan muka lugunya.”baiklah aku akan mulai cerita dari awal,tadi pas aku nunggu kamu aku melihat ada anak laki-laki yang cukup tampan disana tadi,jantungku rasanya mau copot kamu..”.”terus-terus”kata nita penasaran.”dia memakai kemeja biru dan memakai celna jeans warna hitam dia juga naik mobil kamu,,,ya ampun baru kali ini aku melihat anak laki laki hati langsung berdebar-debar gini.samapi sekarang aja masih deg-degkan.”kataku sambil memegangi tanganya nita.”berarti kamu skrang lagi jatuh cinta, dong…cie..cie..laras lagi jatuh cinta….”kata nita menggodaku.”mungkin…memang sekarang aku lagi jatuh cinta…”pikirku dalam hati .aku memeng tak pernah merasakan perasaan yang seperti ini seumur  hidupku,apakah memang aku jatuh cinta,aku bingung…”sebenarnya apa sih jatuh cinta itu,nit?????”.”laras masak sih kamu gak tau namanya jatuh cinta itu seperti apa?”kata nita dengan mata melotot.”tidak ..memengnya jatuh cinta itu apa?.tanyaku lagi padanya .”oke.aku akan menjelaskannya padamu.jatuh cinta adalah seperti apa yang kamu rasakan saat ini.saat kamu melihat seorang laki-laki ,maka disaat itu hati mu mulai berdebar sangat cepat seakan-akan jantungmu mau melorot.iya kan ,begitukan yang kamu rasakan saat ini…”kata nita menjelaskan.”iya..kamu kok tau sih??oh..jadi itu yang namanya jatuh cinta”.”iya aku tau lah kamu kan sahabatku ,lagian keliatan lagi dari raut muka mu itu menandakan kalu kamu itu lagi jatuh cinta”kata nita sambil tersenyum bahagia.”ya,maklumlah akukan tidak pernah pacaran seperti kamu, jadi aku tidak tahu apa itu namnaya jatuh cinta atau cinta itu…”kataku sambil tersipu malu.mereka pun akhirnya bergeges untuk pulang karena hari sudah sore.”tak terasa ya kita sudah mengobrol disinisangat lama sekali,ayo kita pulang”kata nita.lalu aku pun menjawab”iya tidak terasa ya, baiklah ayo kita pulang,nanti mmamu nyariin kamu lagi,nit?”.”iya maaf ya aku harus pulang duluan”.”yasudah tidak papa kamu pulang saja duluan”kataku membiarkan nita pulang.”bye..bye…sampai ketemu besok disekolah ya…”kata nita sambil melambaikan tanganya padaku .kita pun akhirnya berpisah aku harus pulang nih ,pikirku dalam hati, nanti kalau papa uda pulang pasti aku dimarahin lagi.saat diperjalanan pulang aku melihat  ada mobil mewah yang parker disamping rumahku .aku pun menginintipnya sedikit,eh tiba-tiba ada seorang laki-laki paruh baya ysng kira –kira seusia ayahku mengagetkanku .”ada apa mbak ,kok ngintip-ngintip”.dengan raut muka yang masih agak kaget aku pun berkata”oh.tidak ada apa-apa kok pak, memangnya ada orang baru ya pak yang mau nempatin rumah ini.bapak itu pun menjawab”iya ada orang baru yang akan menempati rumah ini ,beliau pindahan dari Makassar”.”oh pindahan dari Makassar”kataku sambil garuk-garuk kepala.aku pun berpamitan kepada bapak itu”baiklah pak,saya permisi dulu ya pak,”.”iya silahkan. Memang rumah kamu da dimana??.kta bapak itu bertanya padaku.”tui rumahku ada disamping rumah ini”kataku menjelaskan.kemudian tidak sengaja  tiba-tiba aku melihat ada seorang anak laki-laki yang sangat familiar bagiku “kok sepertinya aku pernah ngeliat ank itu ya, tapi dimana ya,,aku lupa”kataku dalam hati.ya sudah nanti saja aku mikirnya sekarang aku harus pulang keburu nanti papaku uda pulang pasti nanti aku dimarahi lagi.setelah sampai dirumah aku punaku mandi dan bergegas makan.aku masih saja memikirkan siapa anak laki-lakiyang tadi ya.setelah beberapa menit berpikir dan merenung ,akhirnya  akutau siapa anak laki-lakii itu .anak laki-laki itu adalah anak yang aku liat tadi siang di alun-alun yang aku critakan pada nita.asyik aku biasa ketemu sama orang yang aku cintai setiap hari .setelah makan aku bergegas untuk tidur karena hari sudah malam.pagi pun menjelang hari yang aku tunggu pun datang,asyik aku bisa  ketemu dia lagi,aku harus bergegas mandi nih sebelum dia pergi skolh kataku dalam hati sangat kegirangan . setelah mandi ,ganti baju dan sarapan aku langsung bergegas naik mobil papaku untuk berangkat sekolah.”ayo pa kita berangkat , aku uda telat nih.”kataku .”iya-iya,sebentarr. Tumben banget kamu kok seneng banget berangkat sekolah biasanya kalau disuruh kesekolah kamu sangat malaes sekali”kata papaku kayak orang kebingungan.”memang papa gak mau kalau anaknya sekarang rajin”.kataku.tanpa basa-basi lagi aku pun menyuruh papa masuk kemobil dan bergegas untuk mengantarku sekolah.dan aku pun lewat didepan rumahnya ,dan dia juga mau berangkat sekolah diantar oleh ayahnya juga.dia juga memakai seragam  smp ,sepertinya dia juga anak smp kayak aku,pikirku dalam hati. beberapa jam kemudian aku sampai disekolah, lau aku menceritakan semua yang aku alami pada nita .tiba-tiba bel masuk berbunyi .guru pun mulai masuk,tapi aneh nya guru itu menggandeng seorang anak laki-laki.”anak-anak perkanalkan ini temna baru kalian.silahkan perkenalkan dirimu pada teman-temanmu”kata bu ida.”nama saya aditya bagus suryo ,biasa dipanggil adit saya pindahan dari Makassar treimahkasih, senang berkenalan dengan kalian”.”nah, silahkan duduk”kata bu idamempersilahkan.dia pun berjalan kearah ku dan dia pun duduk disamping bangku ku dan nita.aku pun mencolek nita yang tidak berkedip sama seklai saat anak itu memperkenalkan diri sampai  dia duduk disampingku dannita.”nit, udah dong, jangan melototi adit sepertiitu,ingat kamu uda punya cowok.””iya iya ras .kamu itu tidak asik”kata nita marah.”kamu tau , anak itu adahlah anak laki-laki yang aku ceritakan padamu waktu kita dialun-alun kau ingat gak???.”oh iya sekarang aku ingat ,pantas saja kamu uska sama dia orang dia tampan kayak gitu,memang temanku satu ini gak salah pilih.oke baiklah aku kan mencoba nyomblangin kamu sama dia”.kta nita dengan semangatnya,.setelah beberapa jam kemudian bel istirahat berbunyi aku mulai memnadangi adit aku pun mulai bicara dengannya dengan muka yang nerfeous dan agak tegang”kamu gakk kekantin ,oh iya kenalin namaku laras, klau gak salah kamu tinggal di perum.candra mas blok c1,ya iya kan.????”.lalu adit pun menjawabnya dengan senyumnanya yang membuat jantunku berdebar sangat kencang dan rasany amau copot”iya kamu kok tau “.aku pun menjawabnya “aku tau itu karena rumahku ada disamping rumahku,saat kamu pindahan kemarin aku melihat ada anak laki-laki yang mukanya mirip sama kamu,gak nyangka kamu sekarang sekelas sama aku”.nita pun akhirnya datang darikan tin dan membawakn ku segelas es jus kesukaan ku.”kamu gak kekantin”kaataku””gak ah aku gak kekantin lagian aku gak lapar”kata adit.nita pun bergkata pada adit”dit, boleh gak kalu aku dan laras nanti sepulang sekolah mampir kerumah mu”.”iya tentu saja boleh”.kata adit.tak terasa bel pulang sekolah pun berbunyi. “ayo kita kerumah ku katanya kalian berdua mau main kerumah ku,lalu kita naik apa sekarng”.nita pun menjawab dengan ceplosnya”kita jlan kaki aja lagian dekat kan?”.aditpun berkata “ya sudah ayo kita jalan kaki”.kita bertiga pun akhirnya jalan kaki.”akirnya sam pai juga dirumahku, ayo silahkan masuk”.aditpun mempersilahkan kami masuk ,didalamrumahnya hanya ada seorang wanita paruh baya ,mungkin    dia ibunya adit”nita ,laras kenalin ini,mamaku,dan mama kenalin ini laras dan ini nita teman baruku di sekolah”kata adit.aku dan adit selalu berangkat sekolahbersama pulang sekolah bersama ,karena munkin rumah kita yang saling berdekatan jadi kita sering berangkat dan pulang bersama .rasa cita yang aku rasakan pada adit pu kini mulai tumbuh dan mulai tumbuh.rasanya aku ingin selalu didekatnya .tapi suatu katika papaku bilang padaku kalu saast aku sudah lulus smp akuakan pindah rumah ,aku tidak tahu alas an apa yang papa miliki untuk pindah rumah,setiap kali aku bertanya pasti papa menjawab papa punya proyek baru di luar kota papa tidk sempat kalau harus bolak-balik keluar kota.aku tidak berani bilang pada adit dan nita .setelah beberapa tahun kemudian  saat-saat kelulusan smp pun tiba ,dan sat itu aku harus bilang kepada adit kalu aku harus pergi meninggalkan mereka berdua karena aku harus pindah rumah.rasanya aku tidak bias berkata pada mereka berdua rasanya mulutku tidak bias berkata pada mereka berdua ,tapi apa boleh buat aku harus bilang pada merekaberdua”adit ,nita aku sangat saying pada kalian berdua maafin aku ya kalu akua banyak salah kekalian munkin kita gak akan satu sekolah lagi,”nita pun berkata”kenapa kamu berkata seperti itu ,meskipun kita tidak satu sekolah kita kan bias ketemu lagi”.”rasanya sakit banget aku harus bilang ini pada klian ,papaku ada proyek diluarkota dan aku harus ikut papa pindah saat aku sudah lulus smp dan akuakan sekolah sma disana,aku Cuma berrpesan padamu nita aku tidak akan pernah melupakan mu karena kamu dalah sahabat sejatiku”katakusambil memeluknya dengan erat.”aku juga gak akan ngelupain kamu laras karena kamu adalah sahabat sejatiku juga”kat a nita dengan muka sedih.”oh iya aku juga punya pesan untuk mu adit, jaga dirimu baik-baikya aku gak akan ngelupain kamu karena kamu adalah laki-laki yang membutku merasakan rasnya jatuh cinta itu seperti apa ,makasih ya atas semua itu .maaf banget kalu aku punya salah sama kamu”kataku seraya mengusap airmata yang menetes dipipiku tapi tetesan air mata itu tidak henti-hentinya keluar dari mataku.aditpun mengusap airmata dipipiku dengan sapu tangan yang ia suka sambil dia berkata”jangan nangis lagi ras, kau jelek banget kalu lagi nangis .jadi Selma inikamu memendam perasaan cinta padaku”.”sebenarnya aku juga bingungung apa yang kurasakan saat itu karena aku tak tahu perasan apa yang aku alami saat itu,tapi apa gunaya semua itu toh aku gak akan ketemu lagi sama kamu.munkin kamu memang bukan jodohku dan kalu kita ditakdirkan untuk bersama ,percayalah aku akan kembali padamu.percyalah.”aku pun berkata sambil memberikan hadiah terakhirku pada adit.saat kemudian mobil papaku pun datang menjemput aku disekolah.aku pun berpamitan kepada semua guru dan teman-temanku”selmat tinggal semua .terimah kasih atas semuanya.sampai jumppa.”kataku untuk terakhirkalinya melihat mereka .dan mereka pun melambaikan tanganya kepadaku dan mengantarku sampai kegerbang sekolah.mobil papaku pun melaju dengan cepatnya meninggalkan sekolahku.dalam hati aku berkata selamat tingal nita ,selamt tinggal adit aku tidak akan pernah melupakan kalian berdua.munkin aku dan adit tidak ditakdirkan untuk bersama saat ini tapi aku yakin kali memang aku dan adit jodoh pasti aku dan adit bias ketemu lagi.aku harus yakin akan takdir itu.karena takdrlah yang akan mempersatukan aku dan adit kelak jika memang kita berdua berjodoh.terima kasih semua……akutak akan melupakan kalian berdua ADIT DAN NITA…..KARENA KALIAN LAH AKU BISA MERASAKAN INDAHNYA PERSAHABATAN DAN SEPERTI APA RASANYA  JATUH CINTA.

TAMAT…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar